Arak Arakan Wisuda

by Medinfo


30 Agustus 2019 16.10



Salam Satu Saudara Informatika

Kawal Sebelum Pulang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Medinfo, Malang - Acara wisuda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terlihat ramai pada Sabtu kemarin (24/8/2019). Pasalnya, sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Informatika berkumpul di depan Gedung Student Center dimana merupakan tempat berlangsungnya acara wisuda tersebut. Sekelompok mahasiswa tersebut terlihat kompak memakai dresscode hitam dengan atribut-atribut seperti bendera, spanduk, bassdrum dan lainnya. Hal ini merupakan budaya mahasiswa jurusan Teknik Informatika UIN Malang untuk menyambut senior-senior mereka yang telah lulus.

Disaat acara wisuda telah selesai, wisudawan-wisudawan Teknik Informatika diarahkan ke kerumunan mahasiswa Teknik Informatika, lalu bersama-sama menyanyikan lagu-lagu Teknik Informatika yang berisi tentang semangat dan kebersamaan mahasiswa-mahasiswa yang diiringi dengan tabuhan bassdrum. Setelah itu, ada sepatah kata dari wisudawan untuk menyemangati junior mereka dalam belajar dan perjuangan mereka hingga wisuda. Tidak hanya berhenti sampai situ, mahasiswa-mahasiswa yang mengarak wisudawan bersama wisudawan berjalan sama-sama dari depan Gedung Student Center menuju halaman Gedung Fakultas Sains dan Teknologi sambil menyanyikan lagu-lagu yang sama dan slogan anak Teknik dan Teknik Informatika. Hal ini menuai perhatian dari keluarga-keluarga wisudawan yang lain serta beberapa orang yang datang untuk menyelamati teman mereka yang wisuda, dan para pedagang yang ada di sekitar kampus UIN Malang.

Tidak hanya mahasiswa Teknik Informatika yang mengadakan budaya ini, ada juga mahasiswa Teknik Arsitektur yang bersama-sama menyambut wisudawan Teknik Arsiterktur juga. Budaya yang dinamakan “Arak-arakan Wisudawan” ini bertujuan untuk menyelamati wisudawan-wisudawan Teknik Informatika yang telah berusaha keras untuk belajar selama kurang lebih 4 tahun. Selain itu, budaya ini memotivasi junior-junior untuk tetap semangat dalam belajar dan meraih cita-cita mereka